the biodoversity

the biodoversity

Senin, 23 September 2013

Capuuunggg.... tidaaaak.....!


   Mungkin saya termasuk orang yang 'agak alergi' dengan kata-kata pengamatan capung. Beuh, kok bisa? yap... saya sebenarnya merasa agak malas untuk mengeidentifikasi jenis-jenis anggota ordo Odonata ini, masih merasa sulit. Alasan kedua tentu saja.... saya takut air. hehe, apalagi hewan ber'buntut' panjang ini banyak sekali main di air-air. Lagipula, saya termasuk orang yang telat terinfeksi virus pengamatan capung yang sudah disebar oleh kawan-kawan Indonesia Dragonfly Society (IDS), bahkan, meskipun mereka mengawali karirnya yang luar biasa di Kota Malang, tempat saya selama ini kuliah. Saya heran, mereka kok mau ya, bawa jaring serangga, pakai celana pendek, moto capung, apa  ga ada kerjaan kali ya? (padahal, saya berucap sambil bawa jaring kupu-kupu, wkwkwk).
   Alhasil, ke-dengki-an saya terhadap hewan yang satu ini harus diuji di pertengahan bulan September ini. Pasalnya, ketika saya enak-enak menikmati pertunjukan karnaval di depan rumah, lha kok hampir ditabrak 'benda-putih' yang terbang cepat sekali. Hanya sekilas, kemudian menghilang. Asyem, mungkinkah itu si capung Putih alias Zxysomma obtusum? Hehe, saya sedikit ngerti, karena teman kuliah saya sempat cari-cari capung ini sebagai bahan Tugas Akhir (TA). Namun, namanya juga ogah, ya sudah, saya masih malas ngejar. 
    Esoknya, lha kok capung putih ini ketemu di kebun salak belakang rumah. Sehari berikutnya juga. Capung yang punya kebiasaan keluar di sore dan pagi redup ini benar-benar gemar bertengger di rumpun salak yang gelap. Saya ambil kamera saya, dan langsung jepreet-jepreet... Tiap jepretan, saya berhenti untuk mengaguminya. Hwaduuh, kamu kok keren sekali seh? warnanya perak, kontras sekali dengan lingkungan yang gelap. Tiap jepretan selalu mengandung penasaran. Langsung saja saya tanya ke kawan saya yang pernah meneliti hidup Zxysomma obtusum ini. Wah, ternyata, hewan ini cukup jarang ditemui, terutama di wilayah-wilayah tertentu. Lagipula, tentang si 'putih' ini, masih banyak tidak diketahui. Mungkin, inilah yang membuat saya agak menyunggingkan senyum..."ternyata, kamu unik juga..."

Bagian atas Capung Putih

Bagian bawah

Bagian samping


Tidak ada komentar:

Posting Komentar